• Cara Jitu Pemasangan Saluran Drainase Tipe U-Ditch

    Salah satu kegiatan pembangunan suatu daerah adalah penataan saluran drainase, yang biasanya terletak di sisi kiri dan atau kanan bangunan jalan. Proyek Pemda yang diselenggarakan oleh Dinas Bina Marga ini, selain dengan kontruksi pasangan batu, terdapat metode yang sekarang populer denan menggunakan saluran jadi / pra-cetak berbentuk huruf U, disebut saluran U-Ditch. Saluran tipe ini banyak tersedia di pasaran dengan berbagai ukuran dan terdapat beberapa pabrikan. Informasi jenis-jenis dan harga bisa di klik disini atau di sini.


    Cakupan pekerjaan ini relatif sedikit, yakni: penggalian tanah, pemasangan saluran Tipe U-Dicth, pemasangan tutup (jika disyaratkan), dan perapihan kembali. Namun pelaksanaan di lapangan tidaklah sesederhana itu.

    Penggalian tanah merupakan komponen biaya yang paling sedikit nilainya dalam keseluruhan anggaran biaya, namun sub-bagian pekerjaan ini merupakan titik paling krusial dalam penyelesaian pekerjaan.

    Pertama, proses penggalian tanah sedikit banyak akan mengambil sebagian badan jalan pada saat dilakuan pengupasan dan pengerukan dengan menggunakan alat berat ditambah timbunan tanah. Kegiatan ini dapat mengganggu kelancaran arus lalu-lintas. Sebahagian besar timbunan bisa dibuang keluar dari lokasi dengan menggunakan truk angkutan tanah. Pengaturan waktu kegiatan dan pengaturan lalu-lintas yang baik bisa menjadi solusi.

    Kedua, dalam beberapa kasus ditemui adanya utilitas (kabel dan pipa) yang ditanam kurang dari 1,5 meter dari permukaan tanah. Salah satu upaya mengatasinya perlu dilakukan koordinasi dengan instansi terkait, melalui pihak pemberi kerja. Selain itu, sebelum dilakukan penggalian menyeluruh terlebih dahulu ditentukan titik awal dan akhir pemasangan. Pada titik-titik dimaksud, dilakukan penggalian untuk mengetahui apakah terdapat kendala di dalam tanah. Misalnya untuk U-Ditch type DS 600 ( l = 60 cm, t = 70 cm, p = 120 cm, tebal beton 7 cm ), digali lubang pada titik awal dan titik akhir dengan dimensi minimal sebagai berikut:
    L = 60 cm + (7 cm X 2 sisi) =   74 cm +/+
    T = 70 cm + (7 cm X 2 sisi) =   84 cm +/+
    P                                                = 120 cm +/+
    Jarak antara titik galian awal dan akhir disesuaikan dengan total panjang U-Ditch yang akan dipasang. Jika sebuah flat-deck truck memuat 35 unit, maka diperkirakan panjang saluran akan terpasang sekitar 36 meter.

    Ketiga, kadang-kadang lahan yang akan digali terdapat bangunan yang menempati bahu jalan dan jembatan beton yang menjadi akses ke rumah-rumah warga. Untuk ini dperlukan pendekatan tersendiri kepada pemilik bangunan, termasuk pembongkaran beton jembatan dengan menggunakan jack-hammer.

    Keempat, penggalian yang kurang memperhatikan outlet pembuangan dan levelling air. Sebaiknya sebelum dilakukan penggalian dicari dulu akhir pembuangan. Perhatikan perbedaan kedalaman titik awal saluran dengan pembuangan. Permukaan saluran setelah dipasang penutup adalah sejajar dengan permukaan jalan eksisting. Dasar tanah galian untuk dudukan U-Ditch dibuat rata sesuai levelling air sedemikian rupa sehingga nantinya saluran drainase tertata rapi tidak bergelombang.


    Dengan pengelolaan galian tanah yang baik, maka pekerjaan pemasangan saluran drainase beton pra-cetak berlangsung cepat dan rapi. 

  • 0 komentar:

    Post a Comment

    Powered by Blogger.

    Facebook

    Followers

    Followers

    Powered By Blogger

    Blog Archive

    Breaking

    Random Posts

    Recent In Internet

    Recent Posts

    Recent Post

    Recent in Sports

    Iklan

    Facebook

    Click Here

    Comments

    Recent

    Technology

    Follow Us